Kata Pengantar

Kata Pengantar

Makna dan pentingnya pekerjaan bagi setiap orang tercermin dalam Undang-Undang Dasar Negara Indonesia tahun 1945 pasal 27 ayat 2 menyatakan bahwa setiap warga Negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan, namun kenyataannya keterbatasan akan lowongan pekerjaan di dalam negeri mengakibatkan banyaknya warga Negara Indonesia/TKI mencari pekerjaan ke luar negeri, apalagi banyak perusahaan yang kolep dan tutup yang mengakibatkan PHK besar-besaran.

Para TKI yang bekerja di luar negeri menghasilkan devisa Negara terbesar setelah Migas, bahkan pemerintah memberikan gelar pahlawan devisa Negara. Di satu sisi mempunyai dampak positif yaitu mengatasi sebagian masalah pengangguran di dalam negeri, di sisi lain akibat kurangnya pengawasan dan pencegahan yang dilakukan oleh Negara mengakibatkan perlakuan yang tidak manusiawi terhadap TKI mengingat TKI sangat rentan terjadi pelecehan setiap saat

Penempatan Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri merupakan suatu upaya untuk mewujudkan hak dan kesempatan yang sama bagi Tenaga Kerja Indonesia untuk memperoleh pekerjaan dan penghasilan  yang layak, yang pelaksanaanya dilakukan dengan tetap memperhatikan harkat, martabat, hak asasi manusia dan dilindungi oleh hukum serta pemerataan kesempatan kerja yang sesuai dengan kebutuhan Nasional.

Walaupun perlindungan dan jaminan keamanan telah dilakukan oleh Negara, tetapi Tenaga Kerja Indonesia di luar Negeri masih sering dijadikan objek perdagangan manusia, termasuk perbudakan dan kerja paksa, korban kekerasan, kesewenang-wenangan, kejahatan atas harkat dan martabat manusia, serta perlakuan lain yang melanggar hak asasi manusia.

Penempatan Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri perlu dilakukan secara terpadu antara instasi Pemerintah baik Pusat maupun Daerah, termasuk melibatkan masyarakat atau Lembaga Swadaya Masyarakat dalam suatu system Hukum guna melindungi Tenaga Kerja Indonesia di luar Negeri.

Berdasarkan uraian tersebut di atas betapa sulitnya menekan pengiriman Tenaga Kerja Indonesia ke luar negri secara Ilegal agar berkurang apalagi dibasmi, maka kami ingin ikut berperan aktif dan bekerja sama dengan aparat tekait dengan mendirikan Lembaga Swadaya masyarakat MIGRANT SAFE INDONESIA untuk membantu Pencegahan, Pengawasan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia ke luar negeri yang anggotanya direkrut dari eks. TKI bermasalah yang berpusat di Jakarta, dengan membuka cabang di wilayah dan daerah yang didukung oleh Lembaga Bantuan Hukum sebagai  penasehat hukum dan pelindung.

Dengan demikian diharapkan kehadiran MIGRANT SAFE INDONESIA dapat membantu Pemerintah terkait, untuk mencegah dan menekan pengiriman Tenaga Kerja Indonesia ke Luar Negeri secara Ilegal dan mencegah TKI bermasalah secara dini.

 

PENGURUS

 

Kami biasanya membalas dengan 24 jam kecuali untuk akhir pekan. Semua email dijaga kerahasiaannya dan kami tidak menjangkau dengan cara apa pun.

Terima kasih sudah menghubungi kami :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

Neil Walker Authentic Jersey   Anthony Miller Authentic Jersey